May 15, 2020

Ubuntu Tips: Transfer File Melalui Bluetooth

-
Halo temen-temen, buat yang lagi puasa gimana kabar ibadah puasanya? Semoga lancar dan enggak bolong hingga akhir Ramadhan nanti, aamiin.

Nah, pada kesempatan kali ini saya mau berbagi tips, sederhana dan konyol kelihatannya tapi sempet bikin saya bingung khususnya untuk proses mengirim dari perangkat lain ke Ubuntu Linux ini. Lucunya, sudah sekian purnama saya menggunakan Ubuntu Linux tidak juga ketemu dimana menu pilihan Receive Files seperti yang ada pada Microsoft Windows.

Mungkin hal ini juga akan membuat pengguna baru (dan mungkin juga pengguna lama) yang baru pertama kali melakukan transfer file melalui bluetooth dari handphone ke komputer/laptop dengan sistem operasi Ubuntu Linux, akan mengalami kebingungan saat mencari menu untuk mengirim dan menerima file. Karena itu mungkin perlu saya tulis di blog saya, siapa tau ada diantara temen-temen yang mengalami hal tersebut.

Oiya, FYI saya saat ini menggunakan Ubuntu Linux 20.04. Langsung saja berikut sedikit tips dari saya.
***
Pairing
Agar kedua perangkat bisa saling berkirim file, maka yang harus dilakukan pertama kali adalah proses pairing, sama seperti yang dilakukan pada sistem operasi lain pada umumnya. Untuk itu, temen-temen bisa masuk ke menu Settings >> Bluetooth, maka akan terlihat window seperti berikut.

Bluetooth Setting

Pastikan bluetooth dalam keadaan aktif pada kedua perangkat dan pada discoverable mode (mode dapat ditemukan). Selanjutnya pilih perangkat yang akan dilakukan pairing, maka pada kedua perangkat (laptop & hanpdhone) akan menampilkan kode angka acak, pilih Confirm pada Ubuntu. Lakukan konfirmasi juga pada handphone.

Pairing

Sampai tahap ini, kita sudah berhasil melakukan pairing dan menghubungkan kedua perangkat yang dapat dilihat pada status perangkat Connected.

Pairing berhasil.

***

Mengirim File
Untuk mengirim file dari Ubuntu Linux 20.04 ke perangkat lain hanya dapat dilakukan dari menu Setting Bluetooth tidak dapat melalui files manager.

Send Files... 

Pertama pilih perangkat penerima, selanjutnya pilih Send Files... kemudian pilih  file yang akan ditransfer.

Pilih file

Terakhir pilih Select, maka proses transfer file akan berjalan. Setelah proses transfer selesai kita dapat menutup window file transfer ini.

Menerima File
Proses transfer

***

Menerima File
Oke temen-temen, jika proses transfer file tadi sangat mudah lain halnya untuk proses mengirim file dari perangkat lain ke Ubuntu Linux. Tidak sulit tapi hanya agak tricky karena kalau temen-temen perhatikan tidak ada menu pilihan Receive Files seperti yang biasa ditemui pada sistem operasi yang digunakan orang pada umumnya. Hal ini membuat yang saya kebingungan. 

Setelah melakukan pencarian menggunakan Google, saya akhirnya mendarat ke halaman Ubuntu Official Documentation. Berikut sedikit kutipannya,


Ternyata se-sederhana itu untuk mengirim file ke Ubuntu Linux. Bagi yang kurang mengerti bahasa Inggris saya rangkum poin pentingnya saja yang intinya: Kita dapat mengirim file ke Ubuntu Linux ini hanya jika Bluetooth Setting panel dalam keadaan dibuka. 



Yup, hanya dengan membuka Bluetooth Setting kemudian langsung saja kirim file dari perangkat lain ke Ubuntu Linux, dan tarraaa.....



Segitu dulu tipsnya, temen-temen ada yang pernah mengalami hal serupa atau ada kesulitan dalam menggunakan Ubuntu? Yuk kita diskusi di kolom komentar di bawah. Bye..

-eof-

No comments:

Post a Comment

Thank you for reading this post. I would appreciate it if you are willing to leave a comment.