Oct 25, 2010

Ubuntu 10.04 pada Compaq CQ41-110AU

-
Alhamdulillah, beberapa waktu lalu Diberi kesempatan bereksperimen menggunakan sebuah notebook Compaq CQ41-110AU. Spesifikasi hardware dapat dilihat di halaman ini. Dan sepertinya untuk kedepan saya akan lebih sering memegang mesin Ubuntu dibandingkan Slackware.





Untuk dapat menggunakan Live CD Ubuntu Desktop maka opsi ACPI harus dimatikan. Hal ini dikarenakan belum tersedianya driver southbridge pada Live CD Ubuntu Desktop. Sehingga akan terjadi beberapa masalah ketika ACPI diaktifkan. Termasuk adalah pengaturan brightness layar LCD dan penggunaan battery. Hal ini akan dapat diatasi dengan memasang driver ATI/AMD propietary FGLRX graphics driver .

  Kemudian untuk wireless adapter Broadcom BCM4312 802.11b/g (rev 01) terdapat dua pilihan driver. Broadcom STA wireless driver dan Broadcom B43 wireless driver. Saya sudah mencoba masing-masing driver tersebut. Dan kesimpulannya, saya memilih menggunakan Broadcom B43 wireless driver dikarenakan driver ini diantaranya dapat bekerja pada mode Monitor. Sedangkan Broadcom STA wireless driver tidak dapat bekerja pada mode Monitor. Tau kan kenapa saya sangat suka mode Monitor? :)

Pengenalan wireless adapter juga berbeda, untuk Broadcom STA wireless driver akan mengenali wireless adapter sebagai eth1, sedangkan  Broadcom B43 wireless driver akan mengenali wireless adapter sebagai wlan0.

Setelah dua driver hardware tersebut terpasang, maka Ubuntu 10.04 telah siap berjalan diatas mesin Compaq CQ41-110AU.

Happy ubunting..! ;)

No comments:

Post a Comment

Thank you for reading this post. I would appreciate it if you are willing to leave a comment.