May 30, 2020

Instalasi Siemens LOGO Soft Comfort v8.0 di Ubuntu Linux 20.04

- No comments
Jadi kan beberapa minggu lalu saya download Siemens LOGO Soft Comfort v8.0, rencananya sih mau dipasang di Ubuntu Linux di laptop xcarbon. Setelah selesai download, install, trus pas coba buka program PLC (Programmable Logic Controller) punya PDU (Power Distribution Unit) yang biasa dipasang di Komatsu ternyata pas mau upload program ke PLC ternyata error & enggak bisa konfigurasi hardware tipe PLC-nya.

Error blablabla... 

May 15, 2020

Ubuntu Tips: Transfer File Melalui Bluetooth

- No comments
Halo temen-temen, buat yang lagi puasa gimana kabar ibadah puasanya? Semoga lancar dan enggak bolong hingga akhir Ramadhan nanti, aamiin.

Nah, pada kesempatan kali ini saya mau berbagi tips, sederhana dan konyol kelihatannya tapi sempet bikin saya bingung khususnya untuk proses mengirim dari perangkat lain ke Ubuntu Linux ini. Lucunya, sudah sekian purnama saya menggunakan Ubuntu Linux tidak juga ketemu dimana menu pilihan Receive Files seperti yang ada pada Microsoft Windows.

Mungkin hal ini juga akan membuat pengguna baru (dan mungkin juga pengguna lama) yang baru pertama kali melakukan transfer file melalui bluetooth dari handphone ke komputer/laptop dengan sistem operasi Ubuntu Linux, akan mengalami kebingungan saat mencari menu untuk mengirim dan menerima file. Karena itu mungkin perlu saya tulis di blog saya, siapa tau ada diantara temen-temen yang mengalami hal tersebut.

Oiya, FYI saya saat ini menggunakan Ubuntu Linux 20.04. Langsung saja berikut sedikit tips dari saya.
***

Apr 4, 2020

Kalau bisa milih, di rumah aja...

- No comments
Assalamu'alaikum, temen-temen. Apa kabarnya? Semoga kita semua dalam keadaan sehat dan bagi yg sakit semoga lekas diberi kesembuhan & kesehatan. Dan semoga kita bisa selalu bersyukur dalam keadaan apapun.

Seperti yang temen-temen tau, beberapa bulan ini ramai diberitakan mengenai wabah corona virus (covid-19) yang bermula dari sebuah kota di Tiongkok yang bernama Wuhan, Provinsi Hubei kemudian menyebar ke berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia. Menurut data WHO total kasus seluruh dunia mencapai 300.000 lebih dan belasan ribu korban meninggal. Dan hari ini, berdasarkan covid-19 map untuk Indonesia sendiri sudah mencapai di angka 1,986 pasien terkonfirmasi positif covid-19 dan 181 korban meninggal.